LSI Denny JA: Elektabilitas Ahok Anjlok

Politik
11/11/2016 12:39 WIB
Survei Elektabilitas Ahok oleh LSI Denny JA hingga November 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Elektabiltas pasangan calon Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) terus merosot. Berdasarkan survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada November 2016, tingkat keterpilihan pasangan petana sudah di bawah 30 persen. Padahal pada Maret 2016, mayoritas warga masih akan memilih calon petahana tersebut.

Sedangkan dukungan untuk pasangan lain masih stabil. Pasangan Agus H. Yudhoyono-Sylviana memperoleh 20,9 persen dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebesar 20,0 persen. Adapun yang menyatakan rahasia, tidak menjawab, dan belum memutuskan sebanyak 34,5 persen.

Menurut LSI, ada empat alasan terus merosotnya elektabilutas Ahok. Pertama, efek surat Al Maidah. Kedua, resistensi atas pemimpin beda agama. Ketiga, tingkat kesukaan terhadap Ahok makin menurun. Terakhir karena personaliti dan kebijakan Ahok.

Survei teranyar dilakukan LSI pada tanggal 31 Oktober-5 November 2016 di Jakarta terhadap 440 responden. Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of Error survei ini plus minus 4.8%. Survei ini dibiayai dengan dana sendiri, dan dilengkapi pula dengan kualitatif riset (FDG/focus group discussion, media analisis, dan depth interview).

Data Populer
Lihat Semua