Kemenangan Trump Masuk Daftar 10 Risiko Tertinggi Global

Politik
09/11/2016 16:47 WIB
10 Risiko Tertinggi Dunia (Per November 2016)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kemenangan Donald Trump pada pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) merupakan risiko tertinggi keenam yang dihadapi dunia. Kajian yang dilakukan oleh the Economist Intelligence Unit (EIU) menyebutkan keberadaan miliarder pengusaha pertelevisian dan hotel itu sebagai presiden AS akan berdampak pada situasi keamanan politik dunia.

Donald Trump selama ini dikenal sebagai kandidat presiden yang kerap memberikan pernyataan keras terhadap kelompok imigran, terorisme, dan perdagangan bebas. Menangnya Trump sebagai Presiden Amerika Serikat dinilai lebih berisiko dibanding bentrokan di Laut Cina Selatan akibat ekspansi Cina yang berada di urutan tujuh. Riset ini memprediksi krisis ekonomi Cina dengan skala 20 sebagai risiko terburuk dunia.

Baca juga: Donald Trump Unggul Pilpres AS, Bursa Asia Berguguran

Skenario risiko global yang disusun EIU merupakan penilaian kualitatif dari kemungkinan terganggunya kemampuan perusahaan-perusahaan dunia untuk beroperasi. Intensitas risiko ini berada pada skala 1 sampai 25. Dimana angka 25 paling berisiko dan angka 1 paling tidak berisiko.

Data Populer
Lihat Semua