Survei Formula 1 (F1) dan Motorsport Network mengungkap berbagai aktivitas yang dilakukan penggemar global agar tetap terhubung dengan F1 di luar menonton acara secara langsung pada 2025.
Hasilnya, mayoritas fans memilih mengikuti kontennya di media sosial dan membaca artikel seputarnya.
Selain itu, fans juga memilih menonton video highlight, mempelajari pembalap melalui media sosial, dan bermain gim balap agar tetap terhubung dengan F1.
Berikut aktivitas yang dilakukan fans F1 untuk tetap terhubung di luar menonton acara langsung pada 2025:
- Mengikuti di media sosial: 73%
- Membaca artikel atau blog: 73%
- Menonton video highlight atau tayangan ulang: 53%
- Mempelajari tentang pembalap melalui media sosial: 36%
- Bermain gim balap: 32%
- Mendengarkan podcast: 27%
- Terlibat dengan merchandise: 26%
- Berpartisipasi dalam komunitas online: 15%
- Membuat atau membagikan konten yang berhubungan dengan balap: 13%
- Berpartisipasi dalam balap simulator: 12%
- Menghadiri acara yang berhubungan dengan balap: 11%
“Responden global mengandalkan konten media untuk tetap terhubung dengan F1, terutama dengan membuka konten dan berita untuk mendapatkan informasi,” ucap F1 dan Motorsport Network dalam laporannya.
Presiden dan CEO F1, Stefano Domenicali, mengatakan survei menunjukkan jika para penggemar makin mengikuti F1 karena cerita dan berbagai kesempatan untuk terlibat dalam olahraga tersebut.
“Olahraga ini sudah tertanam dalam budaya sekarang, melalui streaming, cerita, dan media sosial, dan hal ini membantu lebih banyak orang untuk terhubung,” ucapnya.
Laporan 2025 Global F1 Fan Survey dilakukan F1 dan Motorsport Network dengan melibatkan lebih dari 100 ribu penggemar di 186 negara. Survei ini dilakukan setiap 4 tahun sekali dan terakhir dilakukan pada Oktober 2021.
(Baca: 10 Merek Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Januari-Mei 2025)