Penjualan mobil di Tanah Air menunjukkan kinerja yang baik di tahun ini. Sepanjang semester I 2022, penjualan kendaraan roda empat secara retail mencapai 465.252 unit.
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat, capaian tersebut lebih baik dibandingkan periode Januari hingga Juni 2021, di mana penjualan mobil secara ritel baru menyentuh 387.844 unit.
Berdasarkan mereknya, Toyota masih menjadi penyumbang penjualan terbesar. Secara ritel, penjualan mobil Toyota selama enam bulan pertama tahun 2022 telah mencapai 146.202 unit dengan pangsa pasar 31,4%.
Daihatsu menempati urutan kedua dengan penjualan retail mencapai 90.765 unit atau 19,5% dari total mobil yang dijual di Tanah Air. Mitsubishi Motors di posisi ketiga dengan pencapaian 55.687 unit sepanjang Januari-Juni 2022.
Kemudian, Honda bertengger di posisi keempat dengan penjualan retail 53.910 unit. Sementara Suzuki menggenapi posisi lima besar dengan penjualan retail 41.060 unit.
Gaikindo menargetkan penjualan mobil di Indonesia sepanjang tahun ini bisa mencapai 900 ribu unit. Adapun target tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu sebesar 750 ribu unit.
“Target itu ditentukan dengan mempertimbangkan perkembangan virus Covid-19. Terlebih sejak awal tahun varian Omicron tengah menyebar luas,” demikian dikutip dari Gaikindo, Rabu (20/7/2022).
(Baca Juga: Penjualan Toyota Fortuner Melonjak 82% pada Semester I 2022)