Raksaksa sosial media Facebook mencatat lonjakan pendapatan (revenue) mencapai US$ 26,17 miliar atau sekitar Rp 379,19 triliun (kurs 1US$= Rp 14.489). Jumlah itu meroket 48% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).
Salah satu penopang pertumbuhan pendapatan Facebook berasal dari pendapatan iklan yang mencapai US$ 25,43 miliar atau tumbuh 46% secara yoy. Pertumbuhan pendapatan iklan Facebook pada kuartal pertama 2021 juga didorong oleh peningkatan harga rata-rata per iklan sebesar 30% secara yoy dan peningkatan sebesar 12% dalam jumlah iklan yang ditayangkan.
Tercatat, rata-rata jumlah pengguna aktif harian (DAU) Facebook mencapai 1,88 miliar pengguna pada Maret 2021, meningkat 8% secara yoy. Sementara itu, jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) Facebook mencapai 2,85 miliar pengguna per 31 Maret 2021 atau meningkat 10% secara yoy.
Kabar terbaru menyebut, CEO Facebook Mark Zuckerberg ingin mengubah jaringan media sosialnya menjadi ‘perusahaan metaverse’ dalam lima tahun ke depan. Hal ini memungkinkan setiap orang bekerja hingga bermain gim menggunakan perangkat virtual reality (VR).
(Baca: Indonesia Pengguna Facebook Terbesar Kedua di Asia Setelah India)