Menurut hasil survei terbaru Populix, sebanyak 72,4% responden pengguna internet Indonesia mengaku pernah melihat media sosial yang terpapar iklan judi online.
Mayoritas atau 46% responden menilai bahwa Instagram merupakan media sosial yang paling sering terpapar iklan judi online.
Kemudian, posisinya disusul oleh Facebook dan YouTube yang dinilai oleh responden banyak terpapar iklan judi online dengan proporsi masing-masing 45%.
Lalu, sebanyak 27% responden mengatakan iklan judi online juga banyak ditemukan di TikTok, diikuti X/Twitter sebanyak 16%, dan media sosial lainnya 4%.
Survei itu juga menemukan, 82% responden pengguna internet Indonesia mengaku pernah terpapar iklan judi online dalam enam bulan terakhir.
Dari jumlah tersebut, jenis iklan judi online yang paling banyak dijumpai adalah judi slot yang ditemui oleh 80% responden.
Selanjutnya, iklan judi domino dilihat oleh 48% responden, diikuti iklan poker online 48%, kasino online 47%, dan judi bola 44%.
Ada pula jenis iklan judi online yang tidak eksplisit, seperti e-Games 15%, permainan kartu 15%, olahraga virtual 8%, dan permainan angka 7%.
Survei ini digelar pada 21-28 November 2023 terhadap 766 responden dari total 1.058 responden yang pernah melihat iklan judi online dalam enam bulan terakhir yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan proporsi 52% responden laki-laki dan 48% perempuan.
Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (80%), diikuti oleh Pulau Sumatera (11%), dan pulau-pulau lainnya (9%). Menurut usianya, responden didominasi oleh kelompok usia 17-25 tahun (45%) dan usia 26-35 tahun (21%).
(Baca: Ini Jenis Iklan Judi Online yang Paling Sering Dijumpai Warganet, Pernah Lihat?)