Hasil survei The Asian Parent menunjukkan, hampir seluruh responden yang merupakan ibu di Indonesia menggunakan aplikasi belanja online. Sebanyak 80% di antaranya paling sering berbelanja di Shopee.
Persentase itu jauh meninggalkan aplikasi pesaing Shopee. Sebagai contoh, hanya 10% responden yang berbelanja online di Tokopedia.
Sebanyak 8% responden berbelanja online di Lazada. Kemudian, hanya 2% responden yang menggunakan aplikasi lainnya untuk belanja online.
Para responden umumnya berbelanja online sekitar tiga kali dalam sebulan. Barang yang dibeli paling banyak berkaitan dengan anak (pakaian, peralatan mandi, dan mainan), diikuti produk personal (make up dan pakaian) serta kebutuhan rumah tangga.
Sebelum berbelanja online, responden akan mengecek ulasan pembeli lain tentang produk tersebut di situs marketplace (84%) atau di media sosial (67%). Mereka juga membandingkan harga produk di marketplace lain (74%) atau di toko offline (63%).
(Baca: Gratis Ongkir Jadi Faktor Utama E-Commerce Tetap Digemari Konsumen)
The Asian Parent melakukan survei ini terhadap 670 ibu di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan beberapa kota lainnya. Mayoritas responden pun sudah memiliki 1-3 anak.