Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasionel (Susenas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), persentase penduduk Indonesia berusia 5 tahun ke atas yang pernah mengakses internet dalam tiga bulan terakhir mencapai 66,48% pada 2022.
Berdasarkan tujuannya, mayoritas atau 74,9% responden menggunakan internet untuk mendapatkan informasi/berita. Selanjutnya, responden mengakses internet untuk penggunaan sosial media dengan persentase sebanyak 74,02%.
Kemudian, tujuan mengakses internet lainnya digunakan untuk hiburan oleh 69,79% responden. Lalu, sebanyak 20,53% responden menggunakan internet untuk mendapat informasi barang/jasa.
Ada pula responden yang menggunakan internet untuk pembelajaran online (19,12%), pembelian barang/jasa (16,51%), mengirim/menerima e-mail (10,73%), dan fasilitas keuangan (6,95%).
Tujuan mengakses internet berikutnya untuk penjualan barang/jasa sebanyak 4,63%, diikuti bekerja online dari rumah (3,53%), dan membuat konten digital (1,31%). Sementara, ada 4,87% responden yang mengatakan tujuan lainnya.
Hasil survei tersebut juga menemukan bahwa mayoritas atau 47,64% pengguna internet di Indonesia berasal dari kelompok usia produktif atau pekerja yaitu 25-49 tahun. Kemudian, pengguna internet di dalam negeri paling banyak berikutnya berasal dari kelompok usia mahasiswa atau 19-24 tahun sebesar 14,69%.
(Baca: Mayoritas Pengguna Internet di Indonesia Berasal dari Kelompok Usia Pekerja)