Banyak konsumen beralih untuk lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan aplikasi selama di rumah. Dalam pandemi Covid-19, cara itu merupakan salah satu metode untuk menyibukkan diri. Sehingga penggunaan dan adopsi beragam aplikasi digital bertambah dan diperkirakan akan terus berlanjut.
Berdasarkan data YouGov, sebanyak 85% konsumen di Asia Tenggara mengaku mulai menggunakan beberapa aplikasi dan akan berlanjut menggunakannya. Media sosial menjadi favorit para konsumen untuk mengisi waktu di kala pandemi. Penggunaannya meningkat 36%. Penggunaan layanan video streaming juga meningkat 32%.
Layanan e-commerce tak mau kalah. Penggunaan aplikasi itu bertambah 28%. Angka pengguna pertama layanan e-commerce meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini berkaitan erat dengan upaya pemerintah mendorong masyarakat agar berbelanja secara online, seperti yang dikemukakan Wakil Presiden Grup Tiki, Khanh Ngo.