Penetrasi e-commerce di tanah air masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Ini tercermin dari hasil riset Katadata Insight Center (KIC) yang bertajuk “Indonesia e-commerce Mapping 2018” mencatat 75,77% pembeli perdagangan elektronik berasal dari Jawa. Konsumen terbesar kedua berasal dari Sumatera dengan porsi 13,51% disusul Sulawesi sebesar 3,99% di urutan ketiga.
Berdasarkan usia konsumen, sekitar 87,83% pembeli belanja digital di tanah air merupakan generasi milenial, yakni berusia antara 20-37 tahun. Sementara berdasarkan gender, laki-laki lebih mendominasi belanja online di tanah air, yakni sebesar 52,97% konsumen adalah pria dan sisanya wanita. Sedangkan menurut perangkat, sebanyak 92,72% konsumen mengakses e-commerce menggunakan telepon pintar (smartphone) dan sisanya menggunakan komputer personal.
Event 9.9 Super Shoping Day, masih menurut riset KIC dijadikan momentum oleh 59,38% penjual e-commerce untuk meningkatkan penjualan. Sementara dari sisi pembeli, promo bebas ongkos kirim dan diskon menjadi alasan utama bagi konsumen berbelanja dalam hajatan yang dilangsungkan pada 9 September 2018.
Hasil survei Katadata Insight Center klik di sini