Menurut Business of Apps, nilai pasar aplikasi digital (apps) di Indonesia mencapai US$628,2 juta pada 2022, meningkat 18% dibanding 2021.
Business of Apps menyatakan, sepanjang 2022 TikTok menjadi aplikasi yang meraih pendapatan terbesar di Indonesia, yakni US$7,2 juta.
Aplikasi lain yang meraih pendapatan besar di Indonesia adalah Mobile Legends: Bang Bang, yang induk perusahaannya sama dengan TikTok, yaitu ByteDance,
Aplikasi mobile games bergenre multiplayer battle arena (MOBA) itu tercatat mengantongi pendapatan US$7 juta dari Indonesia pada 2022.
Peringkat ketiga dihuni oleh Vidio. Menurut Business of Apps, aplikasi streaming lokal itu meraih pendapatan US$5 juta sepanjang tahun lalu.
Business of Apps juga menyebut, jika dirata-ratakan secara nasional, pengeluaran konsumen Indonesia untuk aplikasi digital pada 2022 sekitar US$3 per tahun.
Berikut daftar lengkap 10 aplikasi digital (apps) dengan pendapatan terbesar di Indonesia pada 2022:
- TikTok: US$7,2 juta
- Mobile Legends: Bang Bang: US$7 juta
- Vidio: US$5 juta
- Roblox: US$4,8 juta
- Free Fire: US$3,9 juta
- eFootball 2024: US$3,4 juta
- Viu: US$3,3 juta
- Getcontact: US$3,2 juta
- Webtoon: US$2,9 juta
- Google One: US$2,6 juta
(Baca: TikTok Penyumbang Pendapatan ByteDance Terbesar Oktober 2023)