Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada Maret 2023 sebanyak 94,16% anak muda Indonesia usia 16-30 tahun pernah mengakses internet dalam tiga bulan terakhir.
Dari kelompok tersebut, mayoritasnya menggunakan internet untuk mengakses media sosial (84,37%), berita (84,28%), dan hiburan (83,78%).
Ada pula anak muda Indonesia yang memanfaatkan internet untuk mencari informasi barang/jasa (29,45%), dan melakukan pembelian barang/jasa (28,52%).
Kemudian untuk mengirim atau menerima email (17,66%), pembelajaran online (12,77%), dan keperluan finansial (10,99%).
Sementara, anak muda yang menggunakan internet untuk pembuatan konten digital, penjualan barang/jasa, work from home (WFH), dan lain-lainnya lebih sedikit dengan persentase kurang dari 10%.
Survei ini juga menemukan, sebanyak 96,28% anak muda menggunakan telepon seluler untuk mengakses internet, dan 24,11% menggunakan komputer.
(Baca juga: Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia)