Menurut laporan firma pasar Canalys, total pengiriman perangkat wearable global mencapai 44,3 juta unit pada kuartal II 2024. Dari jumlah tersebut, 35% di antaranya merupakan penjualan smartwatch atau jam tangan pintar.
Canalys menyebut, penjualan wearable di segmen ini kembali tumbuh setelah enam kuartal berturut-turut menurun, meskipun kenaikannya hanya 0,1% dari kuartal II tahun lalu (year-on-year/yoy).
“Kembalinya pertumbuhan membawa beberapa hal positif bagi para vendor menjelang musim belanja liburan dan peluncuran produk vendor di semester kedua," kata Analis Riset Canalys Jack Leathem dalam laporannya, Rabu (28/7/2024).
Pada kuartal II 2024, Apple memimpin pengiriman smartwatch global dengan pangsa sebesar 49%. Posisinya diikuti Samsung dengan pangsa 15%.
Lalu Garmin, smartwatch yang terkenal dengan fitur penunjang olahraganya memiliki pangsa pengiriman sebesar 11%.
Kemudian pangsa pengiriman smartwatch dari Huawei sebesar 7% dan Google 4%.
Menurut Canalys, untuk dapat bersaing di pasar yang kompetitif, produsen smartwatch harus mampu memberikan peningkatan yang signifikan dalam fitur kesehatan, daya tahan baterai, hingga pemanfaatan kecerdasan buatan (AI).
(Baca: Merek “Wearable” dengan Pengiriman Terbanyak Global pada Kuartal II 2024)