Menurut laporan firma pasar Canalys, total pengiriman perangkat wearable global mencapai 44,3 juta unit pada kuartal II 2024. Volume itu naik tipis 0,2% dari periode sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).
Canalys mengkategorikan wearable ke dalam tiga kelompok, yaitu gelang pintar, jam tangan biasa, dan jam tangan pintar.
Pada kuartal II 2024, Apple mendominasi pengiriman wearable ke seluruh dunia dengan volume 7,7 juta unit. Capaian itu membuat Apple menguasai 17,4% pangsa perangkat wearable secara global.
Meskipun duduk di puncak, tetapi volume pengiriman wearable pabrikan Apple menyusut 5% (yoy) secara tahunan.
Urutan kedua ditempati oleh Huawei dengan pengiriman wearable sebanyak 6 juta unit, atau melonjak 40% (yoy) dari periode sama tahun lalu.
Berikutnya ada Xiaomi yang mengirimkan perangkat wearable sebanyak 5,9 juta unit, disusul Samsung dengan 2,8 juta unit. Pengiriman dari kedua produsen ini sama-sama tumbuh 23% (yoy) secara tahunan.
Lalu Noise, produsen jam tangan pintar asal India, mengirimkan 2,4 juta unit perangkat pada kuartal II tahun. Volumenya anjlok 32% (yoy) dari periode sama tahun lalu.
Sementara volume pengiriman perangkat wearable dari merek-merek lainnya secara gabungan mencapai 19,5 juta unit, atau terkoreksi 8% secara tahunan (yoy).
(Baca: Apple Rajai Pengiriman Perangkat “Wearable” Global Kuartal I 2024)