Menurut data Similarweb, pada Agustus 2022 situs Shopee menerima 190,7 juta kunjungan dari Indonesia. Angka ini meningkat 11,37% dibanding bulan sebelumnya, di mana kunjungan ke situs Shopee berjumlah 171,2 juta pada Juli 2022.
Capaian itu pun menjadikan Shopee sebagai situs e-commerce peringkat pertama di Indonesia menurut Similarweb per Agustus 2022.
Di bawah Shopee, ada situs Tokopedia yang menerima 147,7 juta kunjungan. Kemudian ada 64,1 juta kunjungan ke situs Lazada, 24,9 juta kunjungan ke situs Blibli, dan 24,1 juta kunjungan ke situs Bukalapak pada periode sama.
Kendati Shopee menjadi yang paling populer, perusahaan e-commerce ini baru saja melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawannya di Indonesia.
"Kondisi ekonomi global menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi serta mengevaluasi prioritas bisnis agar bisa menjadi lebih efisien. Ini merupakan keputusan yang sangat sulit," kata Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira, dilansir Katadata.co.id, Senin (19/9/2022).
Sepanjang paruh pertama tahun ini perusahaan induk Shopee, yaitu Sea Group, juga tercatat terus mengalami kerugian. Bahkan ruginya membengkak signifikan pada kuartal II 2022.
(Baca: Kerugian Induk Shopee Bengkak 115% pada Kuartal II 2022)