Video blog (vlog) merupakan salah satu jenis konten yang populer di jagat dunia maya. Sejumlah konten berisi catatan keseharian dalam bentuk video tersebut bahkan dapat ditonton oleh jutaan hingga miliaran pengguna internet dari seluruh dunia.
Laporan terbaru We Are Social dan Hootsuite menunjukkan, Indonesia merupakan peringkat kedua negara yang paling suka menonton vlog. Persentase pengguna internet berusia antara 16 dan 64 tahun di Indonesia yang menonton vlog setiap minggu mencapai 33,3% pada Januari 2023.
Di posisi teratas, ada Filipina, di mana 55,6% dari pengguna internet negara tersebut menonton vlog setiap pekan. Di bawah Indonesia, ada Taiwan, Brasil, dan Uni Emirat Arab (UEA) dengan persentase pengguna internet yang menonton vlog setiap minggu masing-masing sebanyak 33,2%, 33%, dan 31,9%.
Berikut adalah 10 negara pengguna internet yang menonton vlog setiap minggu terbanyak pada Januari 2023:
- Filipina : 55,6%
- Indonesia: 33,3%
- Taiwan: 33,2%
- Brasil: 33%
- Uni Emirat Arab: 31,9%
- Nigeria: 30,8%
- India: 30,6%
- Tiongkok: 28,7%
- Kenya: 28,7%
- Afrika Selatan: 27,8%
Adapun secara global, persentase pengguna internet yang menonton vlog setiap minggu mencapai 25,5% pada Januari 2023.
Laporan itu juga menunjukkan bahwa, secara global vlog lebih banyak ditonton oleh pengguna internet dari kelompok usia muda, terutama perempuan.
(Baca: Vlog Lebih Banyak Ditonton Anak Muda, Khususnya Perempuan)