Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), media sosial menjadi konten internet yang paling sering diakses masyarakat Indonesia. Tercatat, ada 89,15% responden yang mengakses konten tersebut pada 2021-2022.
Media sosial yang paling sering diakses responden adalah Facebook dengan persentase 68,36%. Ada juga 63,02% responden yang mengakses Youtube.
Kemudian, konten internet yang paling sering digunakan responden adalah aplikasi chatting online. Sebanyak 73,86% menggunakan aplikasi percakapan daring tersebut ketika menggunakan internet.
Berikutnya, sebanyak 21,26% responden sering menggunakan internet untuk berbelanja online. Lalu, 14,23% responden menggunakan internet untuk bermain game.
Ada juga 11,98% responden yang menggunakan internet untuk membuka portal berita, infotainment, atau gosip. Sebanyak 9,27% responden paling sering memakai internet untuk membuka aplikasi transportasi online.
Sementara itu, persentase responden yang menggunakan internet untuk membuka aplikasi musik online sebesar 8,49%. Sedangkan, ada 7,23% responden yang mengakses internet untuk membuka email.
APJII melakukan survei terhadap 7.568 responden yang didapat dari probability sampling dengan multistage random sampling. Survei ini dilakukan pada 11 Januari-24 Februari 2022.
Kontrol kualitas sampel dilakukan secara random atas 30% dari total sampel. Margin kesalahan sebesar 1,13% dengan tingkat kepercayaan 95%.
(Baca Juga:Pengguna Aktif Capai 2,9 Miliar, Facebook Masih Jadi Media Sosial Terpopuler di Dunia)