Kegunaan platform media sosial tak sekadar untuk berkomunikasi dan berjejaring. Banyak pula masyarakat yang kini menggunakan media sosial untuk mengakses berita-berita terkini.
Laporan bertajuk “Reuters Institute Digital News Report 2022” menunjukkan bahwa sebagian masyarakat di Asia menggunakan media sosial untuk berita.
Tercatat, mayoritas masyarakat Asia menggunakan Facebook untuk mengakses berita. Persentasenya yakni 43%.
YouTube berada di posisi kedua sebagai media sosial yang digunakan untuk mengakses berita dengan persentase 42%. Lalu, ada WhatsApp yang digunakan oleh 24% masyarakat Asia untuk mengakses berita.
Berikutnya, sebanyak 18% masyarakat Asia menggunakan Instagram untuk berita. Kemudian, sebanyak 14% menggunakan Twitter untuk mengakses berita.
Ada pula masyarakat Asia yang menggunakan FB Messenger untuk mengakses berita dengan persentase 11%. Sementara itu, masyarakat yang menggunakan Telegram dan TikTok untuk berita masing-masing sebanyak 9%.
Adapun survei itu dilakukan terhadap 20.349 responden di Asia, termasuk Indonesia. Survei dilakukan melalui kuesioner online yang diselenggarakan oleh YouGov pada akhir Januari dan awal Februari 2022.
(Baca: Pengguna Aktif Bulanan Facebook Tembus 2,93 Miliar, Wilayah Ini Terbanyak)