Lembaga riset independen internasional Brand Finance kembali merilis daftar perusahaan paling bernilai pada 2021. Hasilnya, Telkom meraih predikat perusahaan paling bernilai pada 2021. Nilai merek (brand value) perusahaan ini mencapai US$ 3,85 miliar atau sekitar Rp 54,83 triliun (kurs US$ 1= Rp 14.242)
Predikat perusahaan paling bernilai kedua diraih Bank BRI dengan brand value sebesar US$ 3,09 miliar. BCA dan Bank Mandiri bersaing ketat di posisi ketiga dan keempat dengan masing-masing brand value sebesar US$ 2,49 miliar dan US$ 2,41 miliar.
HM Sampoerna di posisi berikutnya. Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia ini memiliki brand value sebesar US$ 2,40 miliar.
Posisi keenam ditempati oleh Pertamina dengan brand value sebesar US$ 2,39 miliar. Gudang Garam, Bank BNI, PLN, dan Indosat Ooredoo menyusul dengan masing-masing brand value sebesar US$ 2,21 miliar, US$ 1,32 miliar, US$ 746 miliar, dan US$ 715 miliar.
Dalam laporan yang sama, Telkom juga dinobatkan sebagai merek terkuat kedua di Indonesia setelah BCA. Telkom meraih skor 87,1 poin untuk predikat tersebut.
(Baca: Ini 10 Perusahaan Top Dunia Versi Fortune pada 2021)