Oppo mendominasi pengiriman smartphone di Indonesia pada tahun 2021. Berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC), Sepanjang tahun lalu, Oppo mengirimkan 8,5 juta unit smartphone ke Indonesia dengan pangsa pasar 20,8%.
Jumlah pengiriman tersebut naik 3,5% (year-on-year/yoy), dari tahun sebelumnya, di mana Oppo mengirimkan 8,2 juta unit. Meski demikian, pangsa pasar Oppo turun dari tahun sebelumnya, yakni 22,3%.
Oppo tercatat memimpin segmen smartphone low-end dengan harga US$100 hingga US$200 atau sekitar Rp1,4 juta hingga di bawah Rp2,8 juta. Meski begitu, Oppo memiliki pangsa lebih rendah dari vendor lain untuk kategori smartphone 5G.
Setelah Oppo, vendor smartphone dengan pangsa pasar terbesar kedua di Indonesia diduduki oleh Xiaomi. Perusahaan asal Tiongkok itu mengirimkan smartphone ke Indonesia sebesar 8,1 juta unit sepanjang 2021 atau meningkat 34,2% (yoy).
Vivo dan Samsung menyusul di posisi selanjutnya dengan pengiriman masing-masing 7,4 juta unit dan 7,2 juta unit. Jumlah pengiriman Vivo tercatat turun 20,2% (yoy), sementara pengiriman Samsung naik 19,5% (yoy).
Lalu, diposisi kelima diduduki oleh Realme dengan pengiriman sebesar 5 juta unit atau turun 3,3% (yoy). Sementara pengiriman smartphone dari vendor-vendor lainnya tercatat sebesar 4,7 unit atau tumbuh 119% (yoy).
Adapun secara total, jumlah smartphone yang dikirimkan ke Indonesia pada 2021 sebanyak 40,9 juta unit atau meningkat 11% (yoy). IDC memperkirakan pengiriman smartphone di Indonesia akan mencapai 44 juta unit pada tahun 2022, tumbuh 8% (yoy) seiring dengan peningkatan pasokan.
(Baca Juga: 10 Smartphone Terlaris Tahun 2021, iPhone Mendominasi)