Berapa Biaya yang Dirogoh Konsumen RI Saat Membeli Makanan Ringan?

1
Cindy Mutia Annur 31/08/2023 20:03 WIB
Image Loader
Memuat...
Rerata Biaya yang Dikeluarkan Responden untuk Membeli Makanan Ringan (Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Makanan ringan alias snack merupakan salah satu produk yang kerap dibeli oleh konsumen Indonesia. Jenis makanan seperti aneka stik kentang, stik keju, hingga keripik singkong biasanya disantap saat waktu luang atau menemani aktivitas harian.

Lantas, berapa rerata biaya yang dikeluarkan oleh konsumen Indonesia untuk membeli makanan ringan?

Berdasarkan hasil survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), mayoritas konsumen Indonesia rerata mengeluarkan biaya di bawah Rp30 ribu untuk membeli makanan ringan.

Rinciannya, sebanyak 58,3% responden membeli makanan ringan seharga Rp10 ribu-Rp30 ribu. Kemudian, diikuti oleh 36,4% responden yang membeli makanan ringan senilai di bawah Rp10 ribu.

Ada pula responden yang membeli makanan ringan seharga Rp30 ribu-Rp50 ribu yaitu sebanyak 4,5%. Sementara, responden yang membeli makanan ringan di atas Rp50 ribu paling sedikit yaitu hanya 0,8%.

Survei itu juga menunjukkan, merek makanan ringan terpopuler di Indonesia adalah Chitato. Mayoritas atau 86,4% responden mengaku mengetahui merek tersebut.

Kemudian Cheetos menempati posisi kedua dengan tingkat pengenalan responden 85,1%, diikuti Taro 83,3%, dan Qtela 73,4%.

Survei Kurious-KIC ini dilakukan terhadap 605 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan proporsi 54,9% responden laki-laki dan 45,1% responden perempuan.

Sebanyak 63,3% responden berasal dari Pulau Jawa selain Jakarta, diikuti responden dari DKI Jakarta (15%), dan Pulau Sumatra (11,7%). Sementara, proporsi responden yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 0,5-3,6%.

Sebagian besar responden berasal dari kelompok usia antara 35-44 tahun (33,6%), diikuti kelompok 25-34 tahun (29,4%) dan kelompok 45-54 tahun (20,8%).

Pengumpulan data dilakukan pada 26 Juli-3 Agustus 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekira 3,98% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei: Chitato Jadi Merek Makanan Ringan Terpopuler di Indonesia)

Data Populer

Lihat Semua