PT Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan perusahaan makanan dan minuman kemasan terbesar di Indonesia.
Hal ini tercatat dalam laporan Indonesia: Food Processing Ingredients Annual yang dirilis United States Department of Agriculture (USDA).
Menurut data yang dihimpun USDA, pada 2023 nilai penjualan retail produk Indofood mencapai US$4,45 miliar, jauh melampaui capaian perusahaan sejenis.
Di bawahnya ada PT Mayora Indah Tbk, Danone Group, Wings Corp, Nestle S.A., Unilever Group, Royal Friesland Campina, Kraft Heinz Co, Wilmar International, dan Garuda Food dengan nilai penjualan retail seperti terlihat pada grafik.
USDA juga mencatat, sampai 2023 industri makanan dan minuman kemasan Indonesia masih banyak menggunakan bahan baku impor.
"Untuk memenuhi kebutuhan industri pengolahan makanan, Indonesia mengimpor 80% bahan baku susu, 70% bahan baku kedelai, 100% bahan baku gula dan gandum, 80% garam dan daging sapi tertentu, serta 70% konsentrat buah untuk pembuatan makanan dan minuman," kata mereka.
(Baca: 10 Produk Makanan dan Minuman Kemasan Terlaris di Indonesia 2023)