Brand Finance Apparel menobatkan Nike sebagai produk busana dengan nilai merek terbesar di dunia. Hingga 1 Januari 2020, produk asal Amerika Serikat itu menghasilkan US$ 34,8 miliar atau Rp 490,7 triliun dengan kurs Rp 14.100/USD. Angka tersebut naik 7,3% dibandingkan periode yang sama pada 2019.
Tumbuhnya nilai merek Nike di masa pandemi virus corona Covid-19 lantaran raksasa produk olahraga itu menekankan perubahan strategi distribusi dan mengurangi jumlah penjualan retail secara drastis. Keputusan tersebut diambil guna mengendalikan hubungan layanan pelanggan serta meningkatkan profit margin.
Adapun, Gucci menempati posisi kedua dengan nilai merek mencapai US$ 17,6 miliar. Adidas dan Louis Vuitton berada di urutan selanjutnya dengan nilai merek masing-masing sebesar US$ 16,5 miliar. Sedangkan, Cartier berada di posisi kelima dengan nilai merek mencapai US$ 15,01 miliar.