Susu formula merupakan produk pengganti air susu ibu (ASI) yang dibuat khusus untuk memberi nutrisi pada bayi. Meski komposisinya tidak bisa menyamai keistimewaan ASI, susu formula sudah banyak diproduksi dan dikonsumsi masyarakat Indonesia.
Dari banyaknya susu formula yang beredar di Indonesia, merek mana yang paling dikenal konsumen?
Berdasarkan hasil survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), merek susu formula terpopuler di Indonesia adalah Bebelac. Sebanyak 76% responden mengaku mengetahui merek tersebut.
Selanjutnya, Dancow menempati posisi kedua dengan tingkat pengenalan responden 74,3%, diikuti SGM 74%, dan Frisian Flag 58,8%.
Adapun tingkat pengenalan responden terhadap merek susu formula lainnya lebih rendah seperti terlihat pada grafik.
Meskipun Bebelac paling populer, namun SGM merupakan merek susu formula yang paling sering dikonsumsi responden dengan proporsi 48,4%. Sementara, Bebelac menempati posisi kedua dengan proporsi 41,5%.
Kompetitornya seperti Dancow, Frisian Flag, Pediasure, Chil Go!, dan merek lainnya hanya digunakan oleh sekitar 36% sampai 0,7% responden.
Survei ini dilakukan terhadap 599 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan proporsi 54,8% responden laki-laki dan 45,2% responden perempuan.
Lebih dari setengah responden berasal dari Pulau Jawa selain Jakarta (64,6%), diikuti responden dari DKI Jakarta (15,9%), dan Pulau Sumatra (11,2%).
Sementara proporsi responden yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 3,3%-0,2%.
Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (35,2%), diikuti kelompok usia 25-34 tahun (29,5%), dan kelompok usia 45-54 tahun (21%).
Koleksi data dilakukan pada 18-26 Juli 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI) dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekira 4% dan tingkat kepercayaan 95%.
(Baca: 10 Merek Popok Favorit Konsumen Indonesia, Siapa Juaranya?)