Menurut data Euromonitor, eksistensi hypermarket di Indonesia terus melemah sejak pandemi.
Hypermarket adalah gerai ritel dengan luas lebih dari 2.500 meter persegi, dengan fokus penjualan komoditas makanan, minuman, tembakau, serta kebutuhan harian konsumen lainnya.
Euromonitor mencatat pada 2017 masih ada 333 gerai hypermarket di seluruh Indonesia, dan sempat sedikit meningkat pada tahun 2019.
Namun, sejak awal pandemi tahun 2020 jumlah gerainya terus berkurang seperti terlihat pada grafik, hingga tersisa 285 gerai pada 2021.
Turunnya popularitas hypermarket membuat sebagian perusahaan ritel lebih fokus ke format ritel kecil seperti minimarket atau gerai specialty.
PT Supra Boga Lestari Tbk yang memiliki Farmer's Market dan Ranch Market, misalnya, meluncurkan Day2Day untuk bersaing dalam format ritel kecil.
PT Hero Supermarket Tbk yang memiliki Giant juga telah menutup seluruh gerai Giant pada 2021, dan mengalihkan fokus untuk ekspansi Ikea.
(Baca Juga: Super Indo Punya Gerai Terbanyak di Kelompok Toko Ritel Besar)