Amazon tercatat sebagai perusahaan ritel terbesar di dunia. Berdasarkan data Companies Market Cap, perusahaan ritel asal Amerika Serikat (AS) ini memiliki kapitalisasi pasar US$1,38 triliun per 22 Agustus 2023.
Nilai kapitalisasi pasar tersebut jauh melampaui perusahaan ritel besar lainnya seperti Walmart hingga Alibaba.
Adapun mayoritas perusahaan ritel terbesar dunia menurut Companies Market Cap berada di AS.
Selain Amazon, ada Walmart yang menempati posisi kedua dengan kapitalisasi pasar US$424,12 miliar, Home Depot di posisi ketiga (US$325,8 miliar), dan Costco di posisi keempat (US$325,8 miliar).
Sementara, Alibaba menempati posisi kelima perusahaan ritel terbesar dunia. Perusahaan asal Tiongkok ini memiliki kapitalisasi pasar US$227,77 miliar.
Selain AS dan Tiongkok, perusahaan ritel dari negara lain yang masuk ke daftar ini adalah Spanyol dan Meksiko. Dari Spanyol, ada Inditex di posisi ketujuh yang merupakan induk dari merek Zara, Bershka, Pull & Bear, Massimo Dutti, dan Stradivarius.
Kemudian Walmex di posisi kesepuluh merupakan anak usaha dari Walmart yang beroperasi di Meksiko.
Berikut adalah 10 perusahaan ritel dengan kapitalisasi pasar terbesar dunia per 22 Agustus 2023:
- Amazon (Amerika Serikat): US$1,38 triliun
- Walmart (Amerika Serikat): US$424,14 miliar
- Home Depot (Amerika Serikat): US$325,8 miliar
- Costco (Amerika Serikat): US$240,72 miliar
- Alibaba (Tiongkok): US$227,77 miliar
- Lowe's Companies (Amerika Serikat): US$127,5 miliar
- Inditex (Spanyol): US$116,63 miliar
- TJX Companies (Amerika Serikat): US$102,99 miliar
- CVS Health (Amerika Serikat): US$86,15 miliar
- Walmex (Meksiko): US$70,02 miliar
(Baca: Salip Apple, Amazon Jadi Perusahaan dengan Merek Paling Bernilai di Dunia 2023)