Emiten media PT Media Nusantara Citra Tbk atau MNC mencatat pendapatan sebesar Rp5,27 triliun pada semester I 2022. Pendapatan ini meningkat 8% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp4,86 triliun pada periode yang sama tahun lalu.
Pendapatan iklan berkontribusi terbesar hingga Rp4,76 triliun. Proporsi pendapatan iklan digital meningkat dari periode yang sama tahun lalu.
Beban langsung perusahaan meningkat 14% (yoy) menjadi Rp2,1 triliun. Kenaikan beban ini disebabkan produksi konten original untuk mendorong platform Vision+.
Meningkatnya beban tersebut pun membuat perusahaan mencatat pertumbuhan laba bersih tipis 0,8% (yoy) sebesar Rp1,2 triliun. MNC mencatat laba bersih sebesar Rp1,19 triliun pada periode yang sama tahun lalu.
Berdasarkan data Nielsen, MNC masih memimpin pangsa pasar televisi Indonesia sebesar 44,3% untuk prime time dan 40,8% untuk all-time. Empat sinetron MNC menjadi sinetron dengan rating tertinggi.
(Baca: Nielsen: Belanja Iklan Tumbuh 7% di Semester I 2022, Iklan TV Mendominasi)