Emiten media PT Media Nusantara Citra Tbk atau MNC mencatat pendapatan sebesar Rp5,27 triliun pada semester I 2022. Pendapatan ini meningkat 8% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp4,86 triliun pada periode yang sama tahun lalu.
Pendapatan iklan berkontribusi terbesar hingga Rp4,76 triliun. Proporsi pendapatan iklan digital meningkat dari periode yang sama tahun lalu.
>
Beban langsung perusahaan meningkat 14% (yoy) menjadi Rp2,1 triliun. Kenaikan beban ini disebabkan produksi konten original untuk mendorong platform Vision+.
Meningkatnya beban tersebut pun membuat perusahaan mencatat pertumbuhan laba bersih tipis 0,8% (yoy) sebesar Rp1,2 triliun. MNC mencatat laba bersih sebesar Rp1,19 triliun pada periode yang sama tahun lalu.
Berdasarkan data Nielsen, MNC masih memimpin pangsa pasar televisi Indonesia sebesar 44,3% untuk prime time dan 40,8% untuk all-time. Empat sinetron MNC menjadi sinetron dengan rating tertinggi.
(Baca: Nielsen: Belanja Iklan Tumbuh 7% di Semester I 2022, Iklan TV Mendominasi)