Sebagian besar generasi milenial Indonesia menyukai konten berita terkait politik, sosial, hukum, dan hak asasi manusia (HAM).
Hal ini terlihat dari laporan Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024 yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
(Baca: 10 Jenis Konten Video Favorit Gen Z Global)
Menurut laporan tersebut, mayoritas atau 41,94% milenial dalam negeri sering mengakses berita politik/sosial/hukum/HAM di internet.
Jenis berita lain yang cukup banyak diminati milenial adalah infotainment/gosip, ekonomi/keuangan/bisnis, kesehatan, dan olahraga.
Sementara berita dengan tema budaya/pariwisata, pendidikan/ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), serta berita mancanegara lebih jarang diminati seperti terlihat pada grafik.
APJII menggelar survei ini pada Desember 2023-Januari 2024, dengan melibatkan total responden 8.720 orang yang dipilih secara acak dan proporsional dari 38 provinsi Indonesia.
Milenial dalam survei ini adalah responden yang lahir antara tahun 1981-1996, atau berusia 28-43 tahun saat survei digelar. Proporsinya mencapai 26,1% dari total responden.
Survei ini menggunakan metode wawancara tatap muka dengan toleransi kesalahan survei (margin of error) +/-1,1%.
(Baca: 10 Jenis Akun Media Sosial Favorit Gen Z Global)