Laporan Reuters Institute mengungkap terdapat sejumlah media online yang paling banyak digunakan warga Indonesia pada awal 2024.
Setengahnya atau 50% responden Indonesia mengakses Detik.com dalam sepekan. Kedua ada Kompas.com yang dipilih 39% responden. Ketiga, Tribunnews sebanyak 28%.
Urutan keempat diduduki tvOneNews.com sebanyak 26%. Tipis di bawahnya ada CNN Indonesia online sebanyak 25%.
Liputan 6 menyusul di urutan keenam dengan proporsi 22%. Lalu ada Metro TV News online (22%), Kumparan.com (17%), Tempo.co (15%). dan Seputar Indonesia News atau SINDOnews (13%).
Meski media online masih banyak dibaca, tim riset menyebut, orang Indonesia cenderung menggunakan media sosial sebagai platform untuk membaca berita, terlebih saat memasuki Pemilu 2024 pada Februari lalu.
Tim riset juga mengungkap, media di Indonesia terus mengalami kerugian pendapatan iklan dan maraknya situs belanja daring seperti Shopee dan Tokopedia yang telah berkontribusi terhadap tantangan yang dihadapi media tradisional.
Survei ini melibatkan 2.008 orang Indonesia. Penelitian Study of Journalism ini dilakukan oleh YouGov menggunakan kuesioner daring pada akhir Januari-awal Februari 2024.
(Baca juga: Indonesia Masuk Jajaran Pengguna TikTok untuk Berita Terbanyak 2024)