Ini Daya Tarik Mal Bagi Orang Indonesia
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Hasil jajak pendapat Katadata Insight Center (KIC) dan tSurvey mengungkap sejumlah alasan orang Indonesia mau mengunjungi mal pada awal 2025.
Alasan terbesar karena mal menjadi titik kumpul yang praktis untuk keluarga dan teman, dipilih 48% responden.
Lalu, mal dianggap sebagai tempat melepas penat, dipilih 45%. Mal juga dipilih karena aksesnya, yakni dekat dengan tempat tinggal atau kantor dipilih oleh 41%.
Di luar tiga alasan teratas itu, proporsi alasannya kurang dari 30%. Alasan itu di antaranya karena sudah menjadi rutinitas, adanya promo, hingga pertimbangan kepraktisannya.
Berikut daftar alasan responden Indonesia tetap mengunungi mal awal tahun 2025 (multiple answer):
- Titik kumpul yang praktis untuk keluarga dan teman: 48%
- Tempat “melepas penat”: 45%
- Dekat dengan tempat tinggal atau kantor: 41%
- Belanja ke mal sudah jadi rutinitas tahunan: 28%
- Sering menawarkan promo menarik yang bisa dimanfaatkan: 28%
- Merindukan suasana di ruang publik setelah beberapa waktu lebih banyak di rumah: 24%
- Akses transportasi yang lancar memudahkan perjalanan ke mal: 23%
- Suasana mal tetap memberikan makna yang berkesan: 20%
- Belanja ke mal lebih praktis dibanding pesan online yang kadang tidak sesuai: 20%
- Jadwal kerja atau aktivitas tahun ini lebih fleksibel: 8%
- Lainnya: 4%.
Survei alasan mengunjungi mal awal 2025 dalam Laporan Survei: Perilaku Publik dalam Mengunjungi Mall menyasar 268 dari total 800 responden. Secara total, proporsi responden terdiri atas 68% laki-laki dan 34% perempuan dengan usia 17-77 tahun. Sampel diambil di mal kelas atas dan menengah (A dan B) di Jabodetabek. Pengambilan dilakukan secara online dalam dua periode, yakni September-Desember 2024 dan Januari-April 2025.
Berikut sebaran mal kelas atas dan menengah dari survei KIC:
Mal A: Mal kelas atas
- Plaza Indonesia
- Grand Indonesia
- Pacific Place
- Central Park
- Senayan City
- Plaza Senayan
- Ashta District 8
- Pondok Indah Mall
- Lippo Kemang Village
- Kota Kasablanka
- Gandaria City
- PIK Avenue
- Aeon Mall Jakarta Garden City
- Lotte Shopping Avenue
- Mall Taman Anggrek
- Mall of Indonesia
Mal B: Mal kelas menengah
- Blok M Plaza
- Green Pramuka Square
- Mall Artha Gading
- Mall Bassura City
- Mall Sunter
- Cilandak Town Square
- Plaza Slipi Jaya
- Mall Tamini Square
- Pluit Village
- Mall Cipinang Indah
- Mall Kelapa Gading (MKG)
- Plaza Atrium Senen
- City Plaza Jatinegara
- Plaza Buaran
(Baca: Deretan Alasan Konsumen Belanja Kosmetik di Toko Offline)