Hasil survei Populix menunjukkan, sebanyak 57% masyarakat Indonesia mencari informasi soal asuransi swasta melalui media sosial.
Instagram merupakan media sosial yang kerap digunakan masyarakat Indonesia untuk mencari informasi soal asuransi swasta. Persentasenya mencapai 88%.
YouTube menempati peringkat kedua media sosial yang sering digunakan responden untuk mencari informasi soal asuransi swasta, yakni sebanyak 75%. Lalu, diikuti oleh Facebook sebanyak 68%, WhatsApp 60%, Twitter 54%, dan TikTok 39%.
Ada pula responden yang mencari informasi mengenai asuransi swasta melalui Telegram sebanyak 30%. Disusul oleh Blogger 24% dan Line 5%.
Selain media sosial, survei itu menunjukkan bahwa 67% responden paling banyak mendapatkan informasi tentang penyedia asuransi mereka dari agen. Di bawah media sosial, ada pula yang mencari informasi dari teman atau keluarga 55%, media massa 46%, dan influencer 21%.
Survei itu juga mencatat, mayoritas pemilik asuransi swasta membayar premi dari uang pribadi sebanyak 72%. Tercatat, lebih dari setengahnya membayar kurang dari Rp750 ribu per bulan.
Adapun survei ini dilakukan melalui aplikasi Populix pada 6-7 Januari 2023 terhadap 1.041 responden berusia 18-55 tahun di seluruh Indonesia. Mayoritas responden pekerja dengan status ekonomi kelas menengah.
(Baca: Berapa Pengeluaran Masyarakat Indonesia untuk Bayar Premi Asuransi Swasta Bulanan?)