Inilah Negara Penghasil Tembaga Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

INFOGRAFIK
Penulis
Cindy Mutia Annur 17/05/2023 12:50 WIB

  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data United States Geological Survey (USGS), Chile menjadi negara penghasil tembaga terbesar di dunia pada 2022.

USGS memperkirakan, sepanjang 2022 negara di benua Amerika Selatan itu memproduksi 5,2 juta ton tembaga hasil tambang (mine production).


Di urutan kedua ada Kongo dan Peru yang sama-sama memproduksi 2,2 juta ton tembaga hasil tambang pada tahun lalu.

Sementara produksi tembaga hasil tambang Indonesia pada 2022 mencapai 920 ribu ton. Capaian ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-6 global.

Pada 2022 total volume produksi tembaga hasil tambang (mine production)) global mencapai 22 juta ton, meningkat 3,7% dibanding 2021 (year-on-year/yoy).

Di samping itu, produksi tembaga hasil olahan (refinery production) global juga naik 2,8% (yoy) menjadi 26 juta ton. Tembaga olahan paling banyak diproduksi oleh Tiongkok, yakni 11 juta ton.

Ada pula sejumlah negara yang tidak punya produksi tambang tembaga, namun mampu menghasilkan tembaga olahan dalam jumlah besar, yaitu Jepang (1,6 juta ton), Korea Selatan (660 ribu ton), dan Jerman (620 ribu ton).

Negara-negara tersebut menghasilkan tembaga olahan menggunakan pasokan bahan baku dari berbagai negara lain, salah satunya Indonesia.

Adapun produksi tembaga olahan Indonesia pada 2022 baru mencapai 300 ribu ton. Jumlah itu tergolong rendah dibanding capaian negara-negara produsen utama lainnya.

Terkait hal ini, pemerintah Indonesia berencana menghentikan ekspor tembaga mentah mulai pertengahan 2023, serta meningkatkan kapasitas pengolahan tembaga di dalam negeri.

(Baca: Ini Gambaran Gaji Pekerja Ahli di Sektor Pertambangan Indonesia)