Kebanyakan Perempuan Indonesia Lebih Suka Pakai Kosmetik Lokal

INFOGRAFIK
Penulis
Reza Pahlevi 19/09/2022 12:13 WIB

  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Populix, preferensi konsumen Indonesia untuk kosmetik brand lokal cukup tinggi. Dari 500 perempuan yang disurvei, sebanyak 54% mengaku lebih memilih brand kosmetik lokal untuk pemakaian sehari-hari.

Sementara itu 11% responden lain lebih memilih brand internasional, dan 35% responden tidak memiliki preferensi terhadap asal brand kosmetiknya.


Adapun tiga brand milik Paragon mendominasi daftar merek kosmetik terpopuler dalam survei ini. Wardah digunakan oleh 48% responden, Emina sebesar 40%, dan Make Over sebesar 22%.

Populix juga menemukan 66% pembelian kosmetik dilakukan lewat e-commerce, dan mayoritas atau 92% responden yang biasa belanja kosmetik secara online melakukan pembelian di Shopee. Platform Shopee pun tercatat sebagai lokapasar terpopuler untuk pembelian kosmetik dalam survei ini.

Survei ini melibatkan 500 responden perempuan yang mayoritasnya berlokasi di Jabodetabek (42%). Kemudian ada juga responden dari Surabaya (9%), Bandung (9%), Medan (6%), Semarang (4%), kota-kota lain di Pulau Jawa (6%), serta kota-kota di wilayah Indonesia lainnya (24%).