Menurut survei Populix, sebanyak 77% dari 1.070 responden di Indonesia lebih sering belanja kebutuhan sehari-hari di minimarket.
Di kelompok tersebut, rata-rata responden mengeluarkan anggaran belanja Rp426.862 dalam satu kali kunjungan.
"Ini menunjukkan bahwa minimarket adalah bagian penting dari rutinitas belanja masyarakat," kata tim Populix dalam laporan Understanding Shopper Preference in Grocery Shopping.
Jika diperinci, mayoritas atau 81% responden menghabiskan dana di bawah Rp500 ribu dalam sekali kunjungan ke minimarket.
Lalu 17% responden menghabiskan Rp500 ribu-Rp1 juta, diikuti 2% responden yang menghabiskan Rp1 juta- Rp3 juta, dan 1% yang belanjanya antara Rp3 juta-Rp5 juta per kunjungan.
Sementara, tidak ada responden yang menghabiskan lebih dari Rp5 juta untuk sekali belanja di minimarket.
Survei Populix juga mengungkap, sebanyak 27% responden mengunjungi minimarket seminggu sekali, 26% mengunjunginya dua minggu sekali, dan 24% dua sampai tiga kali dalam seminggu.
"Orang-orang mengunjungi minimarket karena aksesibilitas, variasi produk, dan diskon," kata tim Populix.
Populix menggelar survei ini secara online pada 23-26 Mei 2024 terhadap 1.070 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (79%), diikuti Pulau Sumatra (13%), dan pulau-pulau lainnya (8%). Responden didominasi oleh kelompok usia 17-25 tahun (38%) dan usia 26-30 tahun (22%).
(Baca: Ini Tempat Belanja Bahan Makanan Favorit Masyarakat Indonesia)