Berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC), mayoritas responden atau 53,5% menyatakan bahwa pengeluaran bulanan selama setahun terakhir lebih besar dari pendapatan.
Sementara, hanya 22.9% yang menyatakan bahwa pengeluaran kurang dari pendapatan dan 23,6% menyatakan pengeluaran sama dengan pendapatan.
Menurut usia, lebih dari separuh responden generasi Z dan X memiliki pengeluaran lebih besar dari pendapatan, yakni dengan persentase masing-masing sebesar 59,4% dan 57,2%.
Selain itu, sebanyak 74,4% responden juga menyatakan bahwa pengeluaran untuk belanja komunikasi, seperti pulsa dan internet menjadi yang terbesar. Disusul pengeluaran untuk belanja bahan makanan (69,9%), dan bahan bakar (52,9%).
Survei Perilaku Keuangan Gen Z dan Y oleh Zigi & KIC dilakukan online terhadap 5.204 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan pada 6-12 September 2021 lalu dengan uraian 55% responden dari Generasi Y, Generasi Z (32,5%), Generasi X (12%) dan Baby Boomer (0,5%).
(Baca Selengkapnya: Sederet Alasan Masyarakat Jawa Barat Tak Percaya Vaksin Covid-19)