English translation is currently unavailable for this page.
E-Commerce yang Sering Diakses Masyarakat Indonesia pada 2025
INFOGRAFIK- A Small Font
- A Medium Font
- A Bigger Font
Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ada beberapa toko online atau e-commerce yang biasa digunakan masyarakat Indonesia pada 2025.
Mayoritas responden sering mengakses Shopee. Ada pula yang sering mengakses TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada.

Sedangkan yang mengakses Blibli, Facebook Marketplace, dan aplikasi e-commerce lainnya lebih sedikit.
(Baca: E-Commerce yang Sering Diakses Masyarakat Indonesia pada 2025)
Survei ini juga menemukan, 30,34% responden melakukan transaksi online beberapa kali dalam sebulan.
Lalu 24,76% bertransaksi online beberapa kali dalam beberapa bulan, 14,78% beberapa kali dalam seminggu, dan 2,41% hampir setiap hari.
APJII melakukan survei ini terhadap 8.700 responden berusia minimal 13 tahun yang tersebar secara proporsional di 38 provinsi Indonesia. Sampel dipilih dengan teknik multistage random sampling.
Pengambilan data dilakukan pada 10 April-16 Juli 2025 menggunakan metode wawancara tatap muka, dengan margin of error sekitar 1,1%.
(Baca: Marketplace, Saluran Belanja Online Utama di Indonesia pada 2025)