Beberapa metode pembayaran masih dalam proses aktivasi.
Cara UMKM Bangkit dari Krisis
Unduh
Unduh
Silakan beli artikel ini atau berlangganan untuk mengakses fitur unduh.
Disalin..
Sumber
Sumber
Silakan beli artikel ini atau berlangganan untuk mengakses fitur sumber.
Lembaga:
Katadata Insight Center (KIC)
Tanggal rilis:Juni 2020
Wilayah:Jabodetabek
A Font Kecil
A Font Sedang
A Font Besar
Pandemi Covid-19 telah memukul Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sebagian di antaranya pernah mengalami krisis serupa pada 1998 dan 2008. Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) 3,1% responden UMKM mengaku pernah mengalami krisis 1998 dan 0,7% responden yang merasakan krisis 2008.
Survei ini juga menanyakan bagaimana cara pelaku UMKM untuk bangkit dari krisis di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Sebanyak 34,6% responden mengaku beralih dari sistem pemasaran offline ke online. Sementara 15,4% memilih untuk mengganti dan membuat produk atau usaha baru, serta mendapat modal tambahan.
KIC melakukan survei UMKM untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Survei yang menjangkau 206 responden itu berlangsung pada 8-15 Juni lalu.