Perusahaan asal Amerika Serikat, Amazon, berhasil menyalip Apple sebagai perusahaan paling bernilai sedunia. E-commerce ini memiliki valuasi merek sebesar US$ 683,9 miliar pada 2021.
Kantar BrandZ kembali merilis daftar perusahaan global dengan valuasi tertinggi di dunia. Selain Amazon, merek-merek asal AS mendominasi daftar 10 besar. Misalnya, Apple dengan US$ 612 miliar, Google US$ 458 miliar, Microsoft US$ 410,3 miliar, dan Facebook US$ 226,7 miliar.
Di antara daftar tersebut, ada dua erusahaan dari Tiongkok berhasil menduduki daftar ini. Perusahaan media dan hiburan Tencent memiliki valuasi merek sebesar US$ 240,9 miliar, kemudian perusahaan di bidang ritel Alibaba dengan valuasi sebesar US$ 196,9 miliar.
Selanjutnya, valuasi merek Visa tercatat sebesar US$ 191,3 miliar pada tahun ini. McDonald’s dan Mastercard menempati posisi berikutnya, masing-masing dengan valuasi sebesar US$ 154,9 miliar dan US$ 112,9 miliar.
(Baca: Amazon Raup Laba US$ 7,8 Miliar per Kuartal II-2021)
Adapun, belum ada perusahaan asal Asia Tenggara yang masuk dalam daftar 100 besar yang dirilis Kantar. Mayoritas masih diisi perusahaan dari negara maju, seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, dan Prancis.