Beberapa metode pembayaran masih dalam proses aktivasi.
Jenis Saluran Berjualan UMKM
Unduh
Unduh
Silakan beli artikel ini atau berlangganan untuk mengakses fitur unduh.
Disalin..
Sumber
Sumber
Silakan beli artikel ini atau berlangganan untuk mengakses fitur sumber.
Lembaga:
Katadata Insight Center (KIC)
Tanggal rilis:Juni 2020
Wilayah:Jabodetabek
Periode survei:8-15 Juni 2020
A Font Kecil
A Font Sedang
A Font Besar
Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggunakan berbagai media untuk menjajakan dagangan atau jasanya. Mulai dari toko fisik hingga penjualan secara daring dan melalui perantara orang lain.
Dalam survei Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 66,5% memanfaatkan toko fisik milik sendiri. Sementara 62,1% pelaku UMKM menggunakan media sosial. Kendati lebih dari setengah telah memanfaatkan internet, namun hanya 26,2% yang mempromosikan usaha atau produknya melalui marketplace atau e-commerce.
KIC melakukan survei UMKM untuk kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Survei yang menjangkau 206 responden itu berlangsung pada 8-15 Juni lalu.