Harga Penyediaan Makanan dan Minuman / Restoran di Kota Serang Naik 0,04%

1
Agus Dwi Darmawan 14/10/2024 07:33 WIB
Image Loader
Memuat...
Perkembangan Inflasi (m-to-m) Kota Serang 6 Bulan Terakhir
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga-harga komponen penyumbang inflasi jasa pelayanan makanan dan minuman di Kota Serang pada September kemarin sebesar 0,04%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 0,03%. Di antara tujuh kelompok inflasi yang diukur di daerah ini, kelompok penyediaan makanan dan minuman per restoran menyumbang 0,04% inflasi daerah.

(Baca: Inflasi Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga di Kota Pematang Siantar Bulan September Sebesar 0,21%)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) penyediaan makanan dan minuman per restoran di Kota Serang berada di level 103,1 pada September 2024, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 103,06.

Bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, inflasi penyediaan makanan dan minuman per restoran telah turun 11.93% (year on year/yoy). Sementara jika dibandingkan dengan posisi awal tahun, harga-harga komponen penyumbang inflasi di Kota Serang telah mengalami pertumbuhan satu% (year to date/ytd).

Dibandingkan dengan 11 kelompok lainnya, inflasi kelompok ini berada di urutan ketiga.

(Baca: Harga Penyediaan Makanan dan Minuman / Restoran di Kota Medan Bulan September Naik 0,06%)

Berikut ini inflasi subkelompok penyediaan makanan dan minuman per restoran yang di ukur BPS per September di Kota Serang :

  • Kelompok penyediaan makanan dan minuman / restoran 0,04%
  • Kelompok jasa pelayanan makanan dan minuman 0,04%

Dibandingkan dengan 75 kabupaten/kota lain, inflasi penyediaan makanan dan minuman per restoran tertinggi terjadi di Indonesia sebesar 0,13% dengan IHK sebesar 106,02 dan terendah terjadi di Kabupaten Gunung Kidul sebesar 0,03% dengan IHK sebesar 103.19. Sementara untuk Kota Serang ini menempati urutan 66.

Perkembangan inflasi umum nasional pada Juni 2024 sebesar 0,12% secara bulanan dan -23,07% secara tahunan. Meski tercatat lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulanan sebelumnya, tingkat inflasi bulanan ini tidak setinggi periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar 3,28%.

Data Stories Terkini

Data Populer

Lihat Semua