Tesla vs BYD, Mana yang Lebih Kuasai Pasar Mobil Listrik Global?

Transportasi & Logistik
1
Erlina F. Santika 18/06/2024 13:10 WIB
Pangsa Pasar Tesla, BYD dan Produsen Lain Mobil Listrik Global (2020-2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Data International Energy Agency (IEA) menunjukkan, mobil listrik Tesla dan BYD kerap bersaing melebarkan pasarnya di tingkat global.

Data pada 2015 menunjukkan, pangsa pasar BYD melampaui Tesla. Saat itu BYD menguasai 11% dari total penjualan bisnis mobil listrik global, sementara Tesla sebesar 9%. Sementara produsen mobil listrik China lainnya terhimpun 23% dan produsen mobil listrik utama terhimpun 55%.

Memasuki 2018, BYD dikalahkan Tesla dengan selisih proporsi yang sangat kompetitif. Lalu pada 2019, Tesla mampu menguasai 16% pangsa pasar mobil listrik global, sedangkan BYD sebesar 10%.

Tesla mampu mendepak BYD hanya sampai 2022. Kala itu BYD kembali memutarbalikkan keadaan dengan mengantongi 18% pasar. IEA menyebut, BYD telah menyalip Tesla sebagai perusahaan kendaraan listrik terlaris di dunia saat menguasai mobil hibrida plug-in.

Data terakhir pada 2023, BYD menguasai 21% pangsa pasar, sementara Tesla sebesar 13%. IEA menyampaikan, pada paruh kedua tahun 2023, BYD juga menjadi perusahaan mobil listrik baterai terlaris di dunia.

IEA menjelaskan, BYD dan Tesla menjadi dua produsen mobil listrik yang paling diperhitungkan. Total pangsa pasar keduanya hampir mencapai 35% dari seluruh penjualan mobil listrik pada 2023. Angka ini lebih besar dari gabungan semua produsen mobil besar di luar Tiongkok dan semua produsen mobil Tiongkok lainnya.

"Kebangkitan BYD dan Tesla sebagai pelopor global terutama telah mengurangi pangsa pasar perusahaan lama yang menguasai 55% dari penjualan mobil listrik global pada tahun 2015, terus tertinggal sejak saat itu," tulis IEA dalam laporannya yang dikutip Selasa (18/6/2024).

Dengan menghitung model battery electric vehicle (BEV) dan mobil listrik tenaga listrik dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), pangsa pasar mobil listrik global BYD tercatat lebih dari 20%.

Di Tiongkok, BYD juga menjadi perusahaan mobil terlaris dengan lebih dari 2,4 juta konsumen baru atau 11% dari pasar domestik. Angkanya mengungguli Volkswagen, merek yang telah menjadi merek terlaris di Tiongkok selama lebih dari 15 tahun.

"Penjualan BYD di seluruh dunia melampaui 3 juta, menjadikannya salah satu dari 10 penjual mobil teratas di dunia," kata IEA.

(Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Global Cenderung Naik Sedekade Terakhir)

Data Populer
Lihat Semua