Rata-Rata Anggaran Penduduk Kab. Solok Selatan untuk Membeli Ikan Rp14,84 Ribu per Kapita per Minggu

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 05/05/2024 11:23 WIB
Perbandingan Pengeluaran Kelompok Ikan di Kab. Solok Selatan Tahun 2023
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Rata-rata pengeluaran masyarakat di kabupaten Solok Selatan untuk membeli ikan pada 2023 sebesar Rp14,84 ribu per kapita per minggu. Nilai ini melambung dibandingkan dengan pengeluaran tahun sebelumnya yang tercatat Rp13,46 ribu per kapita per minggu.

(Baca: 4,11% Penduduk di Kota Bukit Tinggi Masuk Kategori Miskin)

Lima terbesar pengeluaran penduduk untuk kelompok ikan di kabupaten Solok Selatan dari urutan tertinggi dibelanjakan untuk tongkol Rp2.723,56 per kapita per minggu, teri diawetkan Rp2.116,07 per kapita per minggu, mas Rp1.877,75 per kapita per minggu, nila Rp1.794,44 per kapita per minggu dan terrendah dibelanjakan untuk ang dan hewan air lainnya yang diawetkan Rp2,46 per kapita per minggu

Pengeluaran per kapita adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga. Pengelaran ini dapat dikelompokkan pada dua bagian yakni untuk kebutuhan makanan dan bukan makanan.

(Baca: Pengeluaran Penduduk Kab. Enrekang untuk Membeli Basah Lainnya Rp1.453,67 per Kapita per Minggu)

Pengeluaran untuk konsumsi makanan dihitung selama seminggu, sedangkan untuk bukan makanan dihitung selama sebulan dan 12 bulan yang lalu. Baik konsumsi makanan maupun bukan makanan selanjutnya dikonversikan ke dalam pengeluaran rata-rata sebulan. Angka-angka konsumsi/pengeluaran rata-rata per kapita yang disajikan dalam publikasi BPS diperoleh dari hasil bagi jumlah konsumsi seluruh rumah tangga (baik mengkonsumsi makanan maupun tidak) terhadap jumlah penduduk.

Berdasarkan wilayah, pengeluaran penduduk untuk membeli ikan tertinggi adalah di kabupaten Mamberamo Raya dan terendah di kabupaten Mamberamo Tengah. Sedangkan untuk kabupaten Solok Selatan ini, nominal pengeluaran untuk membeli ikan berada di urutan 291. Sementara itu, rata-rata pengeluaran per kapita secara nasional untuk membeli ikan adalah Rp257 per kapita per minggu.

Data Populer
Lihat Semua