Proyeksi IMF, Ekonomi Indonesia 2024 Berpeluang Stabil

Ekonomi & Makro
1
Adi Ahdiat 17/04/2024 13:38 WIB
Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia menurut IMF (2020-2024)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

International Monetary Fund (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 bisa mencapai 5,0%, stabil atau tak berubah dibanding tahun lalu.

Hal ini sejalan dengan proyeksi ekonomi global, yang pertumbuhannya pada 2024 diprediksi stabil di level 3,2%.

"Meski ada banyak prediksi suram, dunia telah berhasil menghindari resesi, sistem perbankan terbukti cukup tangguh, dan ekonomi negara-negara berkembang tidak berhenti mendadak," kata IMF dalam World Economic Outlook edisi April 2024.

Namun, tahun ini ada sejumlah risiko yang membayangi perekonomian secara global, terutama konflik geopolitik.

"Konflik di Gaza dan Israel bisa mengalami eskalasi ke wilayah yang lebih luas. Serangan yang terus berlanjut di Laut Merah dan perang di Ukraina juga berisiko menimbulkan guncangan pasokan yang memicu lonjakan harga pangan, energi, dan transportasi," kata IMF.

"Guncangan geopolitik bisa mempersulit proses disinflasi dan menunda pelonggaran kebijakan bank sentral, sehingga berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi global," lanjutnya.

IMF memperkirakan, dampak guncangan geopolitik paling terasa di negara-negara berpendapatan rendah, terutama yang masyarakatnya kesulitan mengakses pangan dan energi.

IMF juga menilai perekonomian global tahun ini menghadapi risiko inflasi, tekanan utang, dan ketidakpercayaan terhadap pemerintah di banyak negara.

"Di sejumlah negara dari berbagai kelompok pendapatan, tingkat kepercayaan terhadap pemerintah, badan legislatif, dan partai politik kurang dari 50 persen," kata IMF. 

"Ketidakpuasan terhadap lembaga negara, yang seringkali berakar pada persepsi kegagalan kebijakan pemerintah, dapat memicu keresahan sosial dan berkontribusi terhadap konflik," lanjutnya.

(Baca: Harga Emas Naik, Ketidakpastian Global Meningkat?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua