Lembaga analis media sosial, Drone Emprit, merilis hasil analisis di X atau Twitter, mengenai dua kampanye akbar terakhir Pilpres 2024 di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).
Jakarta International Stadium (JIS) menjadi lokasi kampanye akbar pasangan calon nomor urut 1 Anies-Muhaimin Iskandar, sedangkan Gelora Bung Karno (GBK) tempat kampanye akbar paslon 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.
Sementara, paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkampanye di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, tidak termasuk dalam lingkup analisis Drone Emprit.
Drone Emprit mengumpulkan data analisis terhadap kata kunci (keywords) 'JIS' dan 'GBK' di Twitter, Instagram, YouTube, dan media online selama periode Rabu (7/2/2024) hingga Sabtu (10/2/2024).
Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi mengatakan, JIS lebih banyak mendapat perhatian di sejumlah platform media sosial, termasuk Twitter dengan interaksi tertinggi.
Tercatat, percakapan soal JIS unggul terhadap GBK di Twitter, yaitu sebanyak 310.242 penyebutan atau mentions (77%), sedangkan GBK hanya 92.666 mentions (23%).
"Volume percakapan tentang JIS jauh lebih besar dibandingkan tentang GBK. Ini memperlihatkan tingginya minat netizen untuk membicarakan kedua lokasi kampanye akbar tersebut,” ujar Ismail dilansir dari akun Twitter @ismailfahmi, Minggu (11/2/2024).
Selain Twitter, kampanye JIS juga dilaporkan unggul di media online, Instagram, dan YouTube, menurut analisis Drone Emprit.
Di media online, tercatat lebih banyak yang menyebut JIS daripada GBK. Ismail mengatakan, puncak pemberitaan terjadi pada 10 Februari 2024 dengan 7 ribuan mentions tentang JIS, sedangkan hanya ada 2 ribuan mentions tentang GBK. Secara total, ada 13.685 mentions (82%) tentang JIS dan 2.913 mentions (18%) tentang GBK di media online pada periode 7-10 Februari 2024.
Kemudian, volume mention di Instagram secara keseluruhan adalah 340 mentions (60%) untuk JIS dan 227 mentions (40%) untuk GBK. Tren interaksinya juga menunjukkan JIS lebih besar dengan 1,5 juta interaksi (72%), dan GBK 598 ribu interaksi (28%).
Selanjutnya, jumlah video YouTube dengan kata kunci JIS mencapai 1.033 video (77%), sementara GBK 312 video (23%). Ismail mengatakan, tren jumlah video di YouTube yang mengangkat JIS selalu lebih besar dibandingkan tentang GBK. "Puncaknya pada hari H, setidaknya ada 417 video tentang JIS dan 150 video tentang GBK,” kata Ismail.
Adapun tren total interaksi pada video tentang JIS juga lebih besar dibandingkan tentang GBK, dengan 17,7 juta interaksi (65%) terkait JIS dan 9,6 juta interaksi (35%) terkait GBK.
Ismail juga mengatakan, pencarian di Google Trend tentang JIS dan GBK dalam 7 hari terakhir menunjukkan volume pencarian untuk JIS sedikit lebih tinggi dibandingkan untuk GBK.
"Di semua kanal (Twitter, News, Instagram, YouTube) yang dimonitor selama periode 7-10 Februari 2024, JIS mendapatkan jumlah mention dan interaksi yang lebih tinggi dibandingkan GBK," kata Ismail.
Menurut Ismail, hal ini memperlihatkan minat netizen di platform media sosial tersebut dan media online yang lebih tinggi tentang JIS yang menjadi lokasi kampanye terakhir paslon 01 dibandingkan GBK yang menjadi lokasi paslon 02.
(Baca: Ini Sumber Informasi Utama Anak Muda untuk Mengenal Capres)