Grab Kuasai Pasar Online Food Delivery di Asia Tenggara, Kalahkan Gojek hingga Shopee

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 07/02/2024 15:55 WIB
Aplikasi/Layanan Online Food Delivery dengan Nilai Transaksi Bruto Terbesar di ASEAN (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan Momentum Works, GrabFood menguasai layanan pesan antar-makanan daring (online food delivery) di Asia Tenggara pada 2023.

Sepanjang 2023, nilai transaksi bruto (gross merchant value/GMV) layanan milik Grab itu diperkirakan mencapai US$9,4 miliar atau sekitar Rp147,39 triliun (kurs Rp15.680/US$), mengalahkan online food delivery kompetitor milik Gojek dan Shopee.

Laporan itu menyebut, Grab diperkirakan menyumbang 55% dari total dari GMV online food delivery di Asia Tenggara pada 2023, meningkat sebesar 6,8% dari tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Menurut Momentum Works, GrabFood juga unggul di enam negara pasar utama online food delivery ASEAN. Perusahaan asal Singapura itu menguasai 65% pangsa pasar online food delivery di Malaysia dan 63% di Singapura.

GrabFood juga mendominasi pangsa pasar Filipina sebesar 61%, diikuti Indonesia 50%, serta Vietnam dan Thailand masing-masing 47%.

(Baca: Bukan Grab atau Gojek, Ini Aplikasi Pesan Makanan Paling Banyak Diunduh Sedunia)

Selanjutnya, ada Foodpanda yang menempati peringkat kedua di Asia Tenggara, dengan nilai transaksi bruto US$2,7 miliar. Layanan pesan-antar makanan daring asal Jerman ini, rerata menguasai pangsa pasar terbesar nomor dua di Filipina (39%), Malaysia (30%), dan Singapura (28%).

Sementara, online food delivery milik Gojek, yaitu GoFood, menempati peringkat ketiga Asia Tenggara dengan nilai transaksi bruto US$1,8 miliar. Lalu, diikuti ShopeeFood yang nilai transaksi brutonya sebesar US$1,5 miliar.

Berikut 8 aplikasi/layanan online food delivery dengan nilai transaksi bruto terbesar di Asia Tenggara pada 2023:

  1. GrabFood: US$9,4 miliar
  2. Foodpanda: US$2,7 miliar
  3. GoFood: US$1,8 miliar
  4. ShopeeFood: US$1,5 miliar
  5. Line Man: US$1,3 miliar
  6. Deliveroo: US$200 juta
  7. Robinhood: US$100 juta
  8. Bae Min: US$100 juta

Adapun secara keseluruhan, Momentum Works memperkirakan, nilai transaksi bruto layanan pesan-antar makanan di Asia Tenggara mencapai mencapai US$17,1 miliar pada 2023. Angka ini tumbuh 5% secara tahunan (yoy).

(Baca: Nilai Transaksi Online Food Delivery ASEAN Capai US$17,1 Miliar pada 2023)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua