Gaji Jadi Hal yang Paling Disorot Gen Z saat Mencari Tempat Kerja

Ketenagakerjaan
1
Nabilah Muhamad 05/02/2024 13:40 WIB
Hal yang Paling Dicari Generasi Z di Tempat Kerja* (Mei-Juli 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lebih banyak gen Z yang menyoroti soal gaji dan tunjangan saat mencari tempat kerja. Ini terbukti dari laporan Indonesia Gen Z Report 2024 yang dirilis IDN Research Institute bersama Advisia. 

Proporsi responden yang menyoroti gaji dan tunjangan itu mencapai 78%. Selain itu ada 60% responden gen Z yang meyoroti kesempatan meningkatkan jenjang karier.

Lalu ada 53% responden yang melihat tempat kerja dari sisi lingkungan dan budaya perusahaan. Ada pula gen Z yang mencari tempat kerja sesuai keterampilan dan minat (47%), lokasi kantor (40%), hingga fleksibilitas waktu kerja (32%).

Sementara, terdapat gen Z yang turut memperhatikan stabilitas serta kredibilitas perusahaan, proporsinya berturut-turut 29% dan 18%.

“Aspek-aspek ini sangat penting untuk kepuasan kerja dan pertumbuhan profesional mereka,” tulis IDN Research Institute dalam laporannya. 

Adapun survei terkait hal yang paling dicari gen Z dalam tempat kerja  menggunakan pilihan multiple answer sehingga responden boleh memilih lebih dari satu jawaban.

Survei ini digelar pada 29 Mei-9 Juli 2023, melibatkan 602 responden gen z yang tersebar di 10 kota dan aglomerasi di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, dan Makassar.

Laporan ini mendefinisikan gen Z sebagai perempuan dan laki-laki yang berusia antara 11-26 tahun pada 2023 atau selama periode survei berlangsung.

(Baca juga: Ternyata Ini Alasan Gen Z dan Milenial Bisa Betah di Tempat Kerjanya)

Data Populer
Lihat Semua