Jepang Kalahkan Bahrain 3-1, Samurai Biru Lolos ke Perempat Final Piala Asia 2023

Olahraga
1
Nabilah Muhamad 01/02/2024 10:33 WIB
Hasil Pertandingan Babak 16 Piala Asia 2023 Bahrain vs Jepang (31 Januari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Timnas Jepang lolos ke babak perempat final Piala Asia 2023 usai mengalahkan Bahrain dengan skor 3-1 pada babak 16 besar di Stadion Al Thumama, Qatar, pada Rabu (31/1/2024) malam WIB. 

Sejak awal pertandingan, Samurai Biru bermain secara agresif dan mencetak gol pertamanya melalui Ritsu Doan di menit ke-31. Keunggulan 1-0 atas Jepang bertahan hingga turun minum. 

Memasuki babak kedua, Jepang masih mendominasi permainan. Pasukan Hajime Moriyasu menggandakan keunggulan berkat gol Takefusa Kubo pada menit ke-49. 

Mulanya Kubo menyambar bola liar di lini pertahanan Bahrain. Wasit Ahmad Al-Ali sempat meninjau Video Assistant Referee (VAR) untuk memastikan bola Kubo tidak offside. Alhasil, Kubo dinyatakan onside dan Jepang unggul 2-1 atas Bahrain. 

Kemudian Keito Nakamura berpeluang mencetak gol pada menit ke-61, tetapi dianulir karena dalam prosesnya terjadi offside

Lalu pada menit ke-64, Bahrain mencetak gol balasan yang diciptakan oleh kesalahan kiper Zion Suzuki. Saat berusaha menangkap bola hasil tepisannya sendiri yang mengarah ke dalam gawang, Suzuki bertabrakan dengan Ayase Ueda. 

Akibatnya, bola yang gagal ditangkap Suzuki itu mengenai Ueda dan masuk ke gawangnya sendiri. Gol bunuh diri itu membawa Bahrain memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. 

Untuk menebus kesalahannya, Ayase Ueda mencetak gol ketiga Jepang pada menit ke-72. Gol ini sekaligus mengunci kemenangan 3-1 Jepang atas Bahrain. 

Atas kemenangan tersebut, Jepang akan bertemu Iran pada babak perempat final di Education City Stadium, Ar-Rayyan, Sabtu (3/2/2024) mendatang. Sebelumnya, timnas Iran berhasil menyingkirkan Suriah melalui penalti pada babak 16 besar. 

Susunan pemain Timnas Bahrain vs Jepang:

Bahrain (4-3-2-1): Ebrahim Lutfalla; Mohamed Adel, Sayed Baqer Mahdy, Waleed Al Hayam; Hazza Ali; Jasim Al Shaikh, Ahmed Hassan, Kamil Al Aswad; Ali Madan, Mohamed Marhoon; Abdulla Yusuf.

Jepang (4-3-2-1): Zion Suzuki; Seiya Maikuma, Ko Itakura, Takehiro Tomiyasu, Yuta Nakayama; Takefusa Kubo, Wataru Endo, Reo Hatate; Ritsu Doan, Keito Nakamura; Ayase Ueda.

(Baca juga: Daftar Top Skor Sementara Piala Asia 2023: Posisi Ayemen Huseein Terancam)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua