Cek Data: Cak Imin Sebut Ada 4 Ribu Desa Tertinggal, Apa Benar?

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 21/01/2024 22:37 WIB
Status Indeks Desa Membangun/IDM Indonesia (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyatakan 13 ribu desa sudah bertransformasi menjadi desa mandiri, dan masih ada 4 ribu desa yang tertinggal.

Hal ini ia sampaikan dalam acara Debat Capres-Cawapres 2024 seri keempat bertema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Dalam sesi tanya-jawab, moderator bertanya ke Cak Imin tentang bagaimana strategi agar warga desa berminat membangun desanya.

Kemudian ia menjawab, sejak ada undang-undang tentang pembangunan desa yang diikuti kebijakan peningkatan dana desa, kondisi perdesaan sudah membaik.

“Hari ini 13 ribu desa yang tertinggal sudah menjadi desa mandiri. Sekarang tinggal 4 ribu saja (desa yang tertinggal). Ini bukti infrastruktur kita berjalan baik, dana desa berjalan dengan baik, sehingga masyarakat desa semakin kerasan,” kata Cak Imin.

Pernyataan Cak Imin itu sebagian sesuai dengan data Indeks Desa Membangun (IDM) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Menurut data Kemendes PDTT, sampai akhir 2023 memang ada sekitar 4.000 desa yang "sangat tertinggal", tepatnya 4.382 desa.

Namun, masih ada 6.803 desa lain yang berstatus "tertinggal". Sampai akhir tahun lalu juga baru ada 11.456 desa yang berstatus "mandiri".

(Baca: Papua Jadi Provinsi yang Miliki Desa Sangat Tertinggal Terbanyak pada 2021)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua