Resmi Mengaspal di RI, Bagaimana Tren Penjualan Mobil Listrik BYD Secara Global?

Transportasi & Logistik
1
Cindy Mutia Annur 20/01/2024 07:30 WIB
Volume Penjualan Mobil Listrik BYD Group Secara Global (2019-2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Build Your Dreams alias BYD resmi meramaikan pasar kendaraan listrik di Indonesia. Melansir Katadata, produsen mobil listrik asal China itu meluncurkan tiga produknya secara bersamaan, yaitu BYD SEAL, BYD Atto 3, dan BYD Dolphin di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

President Director PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao mengatakan, hadirnya BYD Dolphin, BYD Atto3, dan BYD Seal akan membuka pintu BYD sebagai bagian dari industri kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Menurut dia, ketiga mobil listrik itu memiliki keunggulan yang khas dengan kualitas tinggi yang menjadi standar BYD dan telah mendapatkan sertifikat Euro NCAP bintang 5.

Lantas, bagaimana tren penjualan mobil listrik asal China itu secara global?

Menurut laporan tahunan perusahaan, BYD Group telah menjual mobil listrik secara global mencapai 1,8 juta unit sepanjang 2022.

Mayoritas di antaranya merupakan mobil penumpang sebanyak 1,79 juta unit, termasuk kendaraan sport dan kendaraan serba guna. Angka itu naik 151,83% dibanding periode tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Sementara, sisanya ada 5,83 ribu unit mobil listrik BYD jenis kendaraan komersial yang terjual pada 2022, turun 26% secara tahunan.

Secara tren, penjualan mobil listrik BYD Group secara global dengan jenis mobil penumpang cenderung meningkat dalam empat tahun terakhir. Penjualan tertinggi tercatat pada 2022, sedangkan terendah pada 2020.

Di sisi lain, penjualan mobil listrik BYD Group jenis kendaraan komersial cenderung menurun selama periode yang sama. Adapun penjualan tertinggi mobil listrik jenis ini, yaitu pada 2021, sedangkan yang terendah pada 2022.

(Baca: Kalahkan Tesla, BYD Jadi Mobil Listrik Terlaris Dunia per November 2023)

Data Populer
Lihat Semua