Ini Persaingan Kunjungan 5 E-Commerce Terbesar di Indonesia Sepanjang 2023
Teknologi & Telekomunikasi![1](https://cdn1.katadata.co.id/media/images/2022/04/08/2022_04_08-22_31_52_f81699d16f2f9a8ba3a9278bdfc166ef.jpg)
![databoks logo](https://cdn1.katadata.co.id/template/databoks_template_v2/images/rightbody.png)
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Berdasarkan data Similarweb, Shopee menjadi situs e-commerce kategori marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia sepanjang 2023.
Per Desember 2023, Shopee tercatat menerima 242,2 juta kunjungan di situsnya, melesat 41,39% dibanding posisi awal tahun lalu (year-to-date/ytd).
Tokopedia menempati urutan kedua dengan perolehan 101,1 juta kunjungan situs pada Desember 2023. Jumlah ini anjlok sekitar 21,08% (ytd).
Kemudian Lazada menempati posisi ketiga dengan 48,6 juta kunjungan situs per Desember 2023, anjlok 46,72% (ytd).
Dalam periode sama, situs Blibli menerima 35,8 juta kunjungan alias naik 25,18% (ytd). Sementara situs Bukalapak meraih 8,7 juta kunjungan, merosot 56,5% (ytd).
Adapun dari 5 situs e-commerce kategori marketplace terbesar di Indonesia tersebut, yang kunjungannya melonjak signifikan dibanding posisi awal tahun 2023 hanya Shopee dan Blibli.
Sementara, jumlah pengunjung situs e-commerce lainnya justru cenderung menurun sepanjang Januari-Desember 2023 seperti terlihat pada grafik di atas.
(Baca: E-commerce, Sektor Penyumbang Ekonomi Digital Terbesar Indonesia pada 2023)